The Power of Nasi Pecel Madiun

Apa kabar semuanya, hmm pastinya sehat semua donk :-) , amin…

Mau nulis artikel lagi neh, sekalian promosi makanan gitu, asyiiik kan. Artikel saya kali ini membahas soal masakan khas Kabupatenku tercinta, Madiun. Selain Brem Kabupaten Madiun memiliki makanan  khas lainnya yang tak kalah nikmat sekaligus sehat yaitu pecel. Kalian semua pastinya sudah tidak asing lagi kan mendengar kata pecel Madiun. Saya sendiri tidak begitu tahu terhadap asal-usul nasi pecel ini, karena serasa menyebar begitu saja dikalangan masyarakat terutama Madiun. Namun saya sempat membaca literatur bahwa nasi pecel dibuat oleh seseorang bernama Mbok Pecel yang selanjutnya memberi nama hidangan tersebut sesuai dengan namanya sendiri (sumber). Makanan ini sudah ada semenjak masa penjajahan Belanda. Buktinya, di Suriname, wilayah bekas jajahan Belanda juga terdapat pecel, meskipun ada perbedaan rasa di bumbu dan isinya, karena mengikuti selera dan keadaan di sana (Suriname) (sumber).

Pecel merupakan makanan sejenis salad yaitu campuran beberapa jenis sayuran yang kemudian diberi topping, bedanya kalau salad toppingnya mayonnaise sedangkan pecel sendiri menggunakan sambel pecel. Disebut nasi pecel karena umumnya dihidangkan dengan nasi putih. Namun apabila anda sedang menjalani diet tertentu maka nasi putih dapat diganti dengan nasi merah. Jika yang disajikan hanya berupa sayuran dan sambel pecel maka disebut pecelan saja. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam pincuk (daun pisang yang dilipat).

Sambel pecel merupakan bagian utama yang memegang peranan penting dalam menentukan enak atau tidaknya rasa seporsi nasi pecel Madiun. Banyak juga yang menyebut sambel pecel ini dengan sebutan sambel kacang karena berbahan dasar kacang tanah. Sambel pecel sendiri terbuat dari beberapa bahan diantaranya kacang tanah, cabe rawit, daun jerut purut, bawang, asam jawa, kencur, lada, gula dan garam. Sebelum digunakan untuk membuat sambel, terlebih dahulu kacang tanah digoreng atau disangrai. Aroma daun jeruk purut merupakan ciri khas yang terdapat pada sambel pecel Madiun. Untuk tingkat kepedasan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Simple khan? :D

Sedangkan untuk sayuran biasanya terdiri dari bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, bunga turi, mentimun atau sayuran lainnya sesuai selera. Sebelum dihidangkan sayuran direbus dahulu, namun alangkah lebih baik jika sayuran hanya dicelupkan ke dalam air panas selama + lima menit saja agar sayuran tetap hijau dan segar. Sebagian penikmat nasi pecel tidak merebus beberapa sayur seperti kemangi dan mentimun karena lebih segar jika disajikan mentah. Bagaimana dengan anda?

Selain sayuran dan sambal pecel, nasi pecel juga dilengkapi dengan lauk. Lauk untuk nasi pecel sangat bervariasi, namun yang paling sederhana dan paling umum ditemui adalah tempe goreng, rempeyek kacang/ebi/kedelai/teri atau lempeng beras. Ada juga yang menyajikan dengan lauk tahu, bakwan jagung, telur, ayam goreng atau sesuai selera.

Lalu bagaimanakah dengan kandungan gizi pada nasi pecel Madiun? Jika dilihat dari komposisinya yang terdiri dari nasi, sayuran, sambel pecel serta lauk sudah tentu makanan ini memiliki banyak kandungan gizi. Namun seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa seporsi nasi pecel yang dinikmati antara satu orang dengan orang lain bisa berbeda berdasarkan variasi sayuran maupun lauk yang mereka konsumsi. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi porsi gizi yang diperoleh tiap orang, dengan kata lain gizi yang diperoleh nilainya bisa berbeda-beda tergantung dari yang mereka makan. Untuk melihat kandungan gizi pada nasi pecel, saya akan memberi contoh menu beserta kandungan gizinya sebagai berikut :

Menu

Kandungan Gizi

–          Nasi putih 100 gram/1 centong

–          Pecel sayuran 100 gram/2 sendok sayur

–          Peyek 25 gram/3 buah

–          Dendeng ragi 50 gram/1 potong daging

–          Jus stroberi 1 gelas

 

–          Energi 464.9 kalori

–          Protein 23.1 gram

–          Lemak 20.1 gram

–          Karbohidrat 49.7 gram

Sumber : (Yayuk Estuningsih, ahli gizi RSAL dr Ramelan Surabaya, Jawa Pos edisi 18 Juli 2012).

Variasi menu pecel lainnya tentu akan memberikan nilai gizi berbeda, namun yang pasti nasi pecel memiliki banyak kandungan gizi sesuai dengan menu yang dihidangkan. Sayuran yang beranekaragam dalam nasi pecel tentu tak kalah penting dalam pemenuhan asupan gizi bagi pengonsumsinya. Seperti yang kita tahu bahwa sayuran maupun daging/telur memiliki kandungan gizi yang tinggi, tiap jenis sayuran juga berbeda-beda kandungan gizinya. Menyantap nasi pecel tentu banyak memberi keuntungan karena kita dapat mengonsumsi beberapa sayuran sekaligus sehingga semakin banyak pula asupan gizi yang kita dapat.

Kapan waktu yang tepat untuk menikmati nasi pecel Madiun? Nasi pecel Madiun dapat kita nikmati kapan saja baik sebagai sarapan, makan siang maupun makan malam karena variasi sayur dan lauknya dapat disesuaikan. Kalau untuk saya pribadi dan warga di kampung saya seringnya menjadikan nasi pecel Madiun ini sebagai sarapan. Nasi pecel Madiun juga cocok bagi para vegetarian yang ingin memenuhi kecukupan gizi namun tanpa kehilangan sensasi nikmat sebuah sajian. Bagi anda yang sedang berdiet dapat mengombinasikan sayur dan lauk serta menghilangkan nasi pada tiap porsinya alias pecelan saja. Inilah salah satu kelebihan pecel Madiun, dapat dikreasikan sesuai selera anda sekalipun bagi anda yg berdiet untuk tetap dapat menikmatinya. Intinya yang tidak boleh ketinggalan yaitu sambel pecelnya, hehehe…

Nasi pecel Madiun begitu popular sehingga tidak hanya bisa ditemui di Madiun saja, namun dapat ditemui diberbagai wilayah khususnya di Indonesia karena makanan khas Madiun ini selain lezat disantap juga harganya merakyat, bisa untuk rakyat kalangan bawah, menengah maupun rakyat kalangan atas,hehe….! ya begitulah adanya, nasi pecel Madiun memang disuka oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Disetiap daerah yang disinggahi pastilah ditemui yang namanya nasi pecel Madiun ini, memang kadang rasanya agak sedikit berbeda dengan yang ada di Madiun namun hal ini tak mengurangi gizi dan rasa nikmat jika sudah menyantap sajian super lezat ini.

Itulah sederet alasan saya kenapa memberi judul artikel ini The Power of  Nasi Pecel Madiun karena makanan khas ini memiliki “kekuatan” yang luar biasa. Nasi pecel Madiun merupakan santapan lezat yang syarat gizi artinya nasi pecel Madiun merupakan sumber gizi. Nikmatnya nasi pecel Madiun membuat semua orang dari berbagai kalangan ingin mencicipinya sehingga tersebarlah nasi pecel Madiun ini ke seluruh pelosok tanah air, hal ini berarti nasi pecel Madiun telah turut serta dalam memenuhi asupan gizi masyarakat Indonesia yang mengonsumsinya. Selain itu nasi pecel Madiun juga dapat memperat tali persaudaraan diantara sesama. Setiap pagi, siang atau malan hari banyak orang dari bermacam-macam profesi dan suku berduyun-duyun mendatangi warung pecel langganan mereka dan disana sambil menikmati nasi pecel mereka bercengkerama satu sama lain, bukan tidak mungkin jika akhirnya terjalin pertemanan, bisnis atau bahkan mungkin persaudaraan di antara mereka.

Saya sangat senang banyak orang menyukai makanan khas Madiun ini. Dengan menyebarnya makanan ini di berbagai wilayah di Indonesia, hal itu berarti nasi pecel Madiun turut serta memberikan “Nutrisi Untuk Bangsa”. Ayo melek gizi masyarakat Indonesia, jangan lupa nasi pecel Madiunnnya ya. Semoga kasus gizi buruk tidak ada lagi di Indonesiaku tercinta ini. Amin. Go…go…go… nasi pecel Madiun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s