Nasi pecel ? Menu Sarapan Paling Yahuuud… !

Hari libur atau Minggu pagi usai berolahraga perut mulai keroncongan minta diisi. Eitss.. tunggu dulu! Jangan jajan sembarangan. Daripada olahraga kita jadi sia-sia lebih baik makan menu sehat khas tradisional Indonesia yakni Sego Pecel alias Nasi Pecel.

Eh, jangan salah Pecel tidak hanya lezat akan tetapi juga kaya nutrisi dan serat dari aneka sayuran yang baik untuk pencernaan. Nah, mau tahu Nasi Pecel yang terfavorit di kota Anda ? Inilah rekomendasinya..

Jakarta
Sego Pecel Barokah Haji Nurul Asli Madiun
Nasi Pecel Mantap Madiun

Bali
Warung Nasi Pecel Ibu Tinuk

Malang
Pecel Ponorogo Bu Tari
Rawon & Pecel Glintung
Pecel Bu Susi
Pecel Kawi

Solo
Pecel Solo

Surabaya
Nasi Pecel Bu Joyo
Nasi Pecel Bu Kus
Pecel Madiun Mbok Nem
Pecel Mbok Rah
Nasi Pecel Bu Kus
Nasi Pecel & Getoek Pecel
Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin
Nasi Pecel Dharmahusada Indah
Nasi Pecel Khas Madiun
Pecel Pincuk Surabaya

Yogyakarta
Nasi Pecel Mbah Warno
Sego Pecel Bu Wiryo 1959

Nasi Pecel berbahan utama sayuran dan saus kacang tanah yang dihaluskan sebagai bumbu untuk disiram di atas sayuran rebus. Sayuran yang digunakan biasanya terdiri dari daun singkong, daun pepaya, bayam, bunga turi, kacang panjang, kenikir, kemangi, tauge sampai biji petai cina. Namun variasi isi sayuran tidak mutlak terkadang ada warung Pecel yang hanya memakai daun bayam dan tauge. Tergantung selera si pembuat.

Makan Nasi Pecel belum lengkap tanpa ditemani aneka pendamping lainnya. Sebut saja seperti Sate Telur Puyuh, Telor Ceplok, Tempe, Ayam Goreng, maupun Empal. Apalagi ditambah Kriuk.. kriuk.. kerenyahan suara Rempeyek Kacang atau Rempeyek Udang yang renyah bisa membuat suasana makan Nasi Pecel makin meriahh..

Ada juga yang gemar menikmati Nasi Pecel dengan rasa bumbu pedas. Konon makin pedas makin mantap. Disajikan bersama nasi putih panas yang pulen wuihh.. bikin siapa saja kangen pingin menikmati lagi. Untuk mengusir rasa pedas di mulut, Anda bisa menuntaskan jamuan dengan minum Es Beras Kencur atau Es Teh. Mantappp.. !

Sedikit perbedaan citarasa Nasi Pecel dari masing-masing daerah tidak mengurangi jumlah penggemar masakan mirip Salad khas Jawa ini. Malah dari tahun ke tahun menu Pecel semakin berkembang dan kian lestari. So, enggak rugi khan kalau kita ikut melestarikan menu tradisional yaitu Nasi Pecel ? Udah meriah, mudah dicari dan murah pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s